Bina Mantan Pecandu dengan berbagai keahlianKepala BNN Kabupaten Blitar : “ mantan pecandu narkoba harus kita kasih berbagai kesibukan agar tidak kembali menggunakan narkoba “



     Sesuai dengan apa yang diprogramkan pemerintah, bahwa tahun 2014 merupakan tahun penyelamatan pecandu narkoba, hal ini harus betul-betul kita cermati dan kita terjemahkan dengan benar. Pecandu yang merupakan bagian dari anak bangsa memang harus mendapatkan perhatian khusus, terlebih bagi para pecandu yang sudsah punya kesadaran untuk berhenti, memang harus betul-betul kita pikirkan agar tidak kembali menggunakan narkoba. Hal ini seperti disampaikan Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Henry Siswanto diruang kerjanya beberapa waktu yang lalu. Menurutnya Pecandu narkoba tidak bisa sembuh, seumur hidupnya, akan tetapi hanya bisa dipulihkan, ketika berada pada lingkungan yang sama dan teman bergaul yang sama pula, akan mudah kembali terjun kedunia narkoba yang sudah mereka tinggalkan.Hal ini tentu harus kita pikirkan dan menjadi perhatian bagi kita semua. 
           Sejalan dengan hal tersebut BNN Kabupaten Blitar memiliki program pendampingan bagi eks pecandu dengan tujuan agar mereka tidak kembali menggunakan narkoba. Adapun program yang dilaksanakan adalah berupa pelatihan budidaya burung kenari yang dilangsungkan di Sanan Kulon Blitar. Sebetulnya hal yang paling utama adalah bagaimana memberikan keahlian dan kesibukan bagi mantan pecandu tersebut yang sekaligus sebagai mata pencaharian dengan harapan tidak banyak waktu kosong yang kemungkinan besar bisa memicu kearah negative dalam hal ini penyalahgunaan narkoba. Pelatihan tersebut dilangsungkan selama 2 hari dan sekaligus diberikan bantuan bibit maupun sarana yang dibutuhkan untuk budidaya tersebut. Pelatihan diikuti 3 orang yang berasal dari Kecamatan selorejo, Gandusari dan Sanan kulon. Setelah mengikuti pelatihan serta diberikan bantuan, peserta akan terus didampingi dan diarahkan dari sisi pendapatan usaha baginya disamping dari sisi market penjualan hasil budi dayanya tersebut. Harapan besar yang kita inginkan adalah, bagaimana mereka bisa mengembangkan keahlian yang sudah dimiliki sehingga mampu mengembangkan dirinya untuk lebih baik, hal ini diungkapkan PLT Kasi Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Blitar, Indra Renaldi , SH, saat memberikan materi bagi para mantan pecandu narkoba di Sanan kulon Blitar. Masih menurutnya kita akan berupaya semaksimal mungkin, agar para mantan pecandu tidak kembali menggunakan narkoba, salah satu solusi yang dilakukan adalah membina mereka sekaligus mengarahkan pada berbagai kesibukan yang bersifat positif.( Khotib )

Blogger